Proses sosial merupakan aspek dinamis dari kehidupan masyarakat yang mana di dalamnya terdapat suatu proses hubugan antara manusia yang satu dengan yang lainnya. Proses hubungan tersebut berupa interaksi sosial yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari secara terus menerus . Jadi, dapat dikatakan bahwa interaksi sosial merupakan bentuk umum dari proses sosial. Interaksi sosial merupakan dasar dari proses sosial yang menunjuk pada hubungan-hubungan sosial yang dinamis.
Para ahli sosiologi memandang betapa pentingnya untuk mengetahui interaksi sosial. Hal ini dikarenakan pengetahuan mengenai struktur masyarakat saja belum cukup untuk memperoleh gambaran-gambaran yang nyata mengenai kehidupan manusia secara bersama.
Pengertian tentang interaksi sosial sangat berguna di dalam memperhatikan dan mempelajari berbagai masalah di masyarakat. Umpamanya di Indonesia dapat di bahas mengenai bentuk-bentuk interaksi sosial yang berlangsung antara pelbagai suku-bangsa atau antara golongan terpelajar dengan golongan agama. Dengan mengetahui dan memahami perihal kondisi-kondisi apa yang dapat menimbulkan serta mempengaruhi bentuk-bentuk interaksi sosial tertentu, maka pengetahuan kita dapat disumbangkan pada usaha bersama yang dinamakan pembinaan bangsa dan masayarakat .