Manusia adalah satu-satunya makhluk yang mengembangkan pengetahuan secara bersungguh-sungguh. Binatang juga memiliki pengetahuan, namun pengetahuan ini terbatas untuk kelangsungan hidupnya. Hanyalah manusia yang mempunyai kemampuan rasional, melakukan aktivitas kognitif dan mendambakan berbagai tujuan yang berkaitan dengan ilmu.

Pengetahuan dapat dikembangkan manusia disebabkan dua hal utama yakni, pertama, manusia mempunyai bahasa yang dapat mengkomunikasikan informasi dan jalan pikiran yang melatarbelakangi informasi tersebut. Sebab kedua, adalah kemampuan berpikir menurut suatu alur kerangka berpikir tertentu.

Pengetahuan juga merupakan khasanah kekayaan mental yang secara langsung atau tidak langsung turut memperkaya kehidupan kita. Sukar untuk dibayangkan bagaimana kehidupan manusia seandainya pengetahuam itu tidak ada, Karena pengetahuan merupakan sumber jawaban bagi berbagai pertanyaan yang muncul dalam kehidupan.

Pengetahuan dalam dunia filsafat dikenal dengan istilah epistemology. Epistemology dalam dunia filsafat membicarakan tentang hakikat pengetahuan, sumber pengatahuan dan cara memperoleh pengetahuan. Untuk lebih jelasnya akan saya bahas alam bab II

Selengkapnya dapat anda download  disini    “Download sekarang”